Cara Mengatasi Smartphone yang Lupa Kunci Keamanan

Image result for smartphone lock

Sekarang ini banyak merk smartphone yang bisa dipilih dengan harga yang berbeda, setiap merk dan type memiliki teknologi yang berbeda juga, tidak sedikit pengguna yang bingung memilih smartphone mana yang akan dibeli, tetapi disarankan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan smartphone pengguna akan merasakan berbagai teknologi dalam satu genggaman, mulai untuk media komunikasi, kamera, membuka dokumen, berselancar di internet, transfer data, dan masih banyak lagi lainnya. Ketika membeli, pengguna juga bisa memilih sesuai fitur yang diinginkan, seperti besar kapasitas baterai, kapasitas memori, kamera atau teknologi lainnya. Teknologi canggih tersebut membuat smartphone ini juga bisa sebagai media pembelajaran untuk anak, seperti belajar melalui video, gambar atau aplikasi khusus anak, namun orang tua juga harus mengawasi dan membatasi akses kepada anak agar tidak menjadi kecanduan.

Baca juga: Gen Z vs Millennials dalam Internet dan Sosial Media

Harga dari smartphone juga berbeda, tergantung teknologi yang ada didalamnya, tidak sedikit smartphone yang dibanderol dengan harga puluhan juta rupiah, namun dengan harga yang mahal tersebut pengguna akan merasakan teknologi yang canggih. Salah satu teknologi pada smartphone yang terus berkembang sampai sekarang adalah fitur keamanan, fitur tersebut bertujuan untuk menjaga privasi data yang pengguna simpan pada smartphone, sehingga tidak perlu khawatir jika  data akan hilang. Beberapa pilihan dari fitur keamanan yang bisa dipilih yaitu :

  • Pola

Pengguna bisa memilih pola sesuai dengan keinginan dengan menarik garis dari titik ke titik, fitur ini bisa terbilang paling banyak diminati oleh pengguna smartphone.

Baca juga: Cara Mudah Transfer File dari Smartphone ke Komputer

  • Password

Jika pengguna memilih keamanan password maka disarankan untuk memasukkan kata yang mudah diingat agar tidak mudah lupa.

  • PIN

Dengan keamanan PIN pengguna akan diminta untuk memasukkan angka sesuai keinginan.

  • Sidik jari atau fingerprint

Fitur keamanan ini banyak diminati oleh pengguna smartphone, dengan menggunakan sidik jari maka keamanan akan benar-benar terjaga, tidak sedikit dari pengguna yang membeli smartphone karena fitur keamanan ini. Ketika memilih fitur keamanan fingerprint maka pengguna tetap akan diminta untuk memasukkan fitur keamanan lain sebagai cadangan jika fingerprint tidak berjalan, seperti pola, password atau PIN.

  • Mata

Fitur keamanan menggunakan mata ini bisa terbilang masih baru sekarang ini, fitur keamanan ini bisa diatur dengan membaca dan menyimpan mata pengguna, sehingga ketika ingin membuka kunci smartphone pengguna cukup mengarahkan pada mata. Sama seperti fingerprint, pengguna tetap harus memilih fitur keamanan lain sebagai cadangan.

Semua fitur keamanan untuk kunci smartphone diatas bisa pengguna rasakan sekarang ini. Bagaimana jika pengguna lupa semua kunci keamanan tersebut ? Ya, sekarang ini banyak juga pengguna yang mendapatkan masalah tersebut, namun pengguna tidak perlu khawatir dan cepat-cepat menjual atau membawa ke service handphone, karena pengguna bisa mengatasi secara mandiri. Berikut adalah beberapa pilihan cara yang bisa dipilih jika pengguna lupa kunci keamanan pola, password dan PIN pada smartphone :

Menggunakan Fitur Forgot Pattern

Untuk pengguna smartphone disarankan memasukkan akun email, selain untuk download pada playstore, alasan lain adalah untuk membantu pengguna ketika lupa kunci keamanan tersebut. Ketika sudah mencoba sampai beberapa kali dan kunci keamanan masih belum terbuka maka akan muncul pilihan untuk Forgot Pattern, lalu pengguna bisa memasukkan email dan password sesuai dengan yang sudah dimasukkan pada smartphone. Jika benar maka pengguna akan bisa melakukan reset kunci keamanan pada menu Unlock Selection, pengguna bisa memilih dan memasukkan kembali kunci keamanan yang diinginkan.

Menggunakan Panggilan Telepon

Ketika pengguna tidak bisa melakukan cara pertama maka bisa mencoba menggunakan panggilan telepon untuk mengatasi lupa kunci keamanan, namun cara ini bisa terbilang jarang dilakukan karena tidak semua smartphone menyediakan atau bisa melakukan cara ini. Penggilan telepon ini bisa pengguna lakukan dengan melakukan panggilan dengan handphone lain (tidak harus smartphone), pengguna harus menjawab panggilan telepon tersebut, ketika panggilan sedang berjalan tekan tombol home dan pada menu pengaturan nonaktifkan kunci kemananan, jika sudah penggilan telepon bisa dimatikan.

Factory Reset Melalui Recovery Mode

Jika cara diatas tidak bisa dilakukan maka pengguna bisa mencoba untuk masuk ke recovery mode yang pasti tersedia pada setiap smartphone. Tetapi kenapa menu recovery mode tidak pernah terlihat ? Ya, karena menu tersebut berada layar belakang smartphone atau bisa diakses dengan melakukan cara khusus, setiap merk smartphone biasanya memiliki cara masuk ke menu recovery mode yang berbeda.

  • Sebelum masuk ke recovery mode pastikan daya baterai mencapai minimal 80% agar ketika proses berjalan bisa sampai selesai.
  • Matikan smartphone pengguna, lalu masuk ke recovery mode dengan menekan dan menahan tombol power + home + volume up secara bersamaan.
  • Lalu akan muncul menu recovery mode dengan beberapa pilihan.
  • Gunakan volume up dan down untuk menggeser pilihan, pilih menu wipe data/factory reset, tekan tombol power untuk memilih.
  • Arahkan ke pilihan Yes – delete all user data, lalu tekan tombol power untuk memilih.
  • Tunggu sampai proses wipe data/factory reset selesai.
  • Jika sudah selesai pilih menu reboot system now dengan menekan tombol power, lalu system akan melakukan reboot secara otomatis.

Namun jika pengguna memilih cara ini maka semua data yang berada pada memori internal dan aplikasi yang sudah diinstal akan hilang, pengguna akan merasakan smartphone seperti pertama kali membeli. Apakah data pada memori eksternal akan hilang ? Tidak, hanya data pada memori internal saja yang hilang, karena system sudah di reset.

Instal Ulang Smartphone

Pengguna juga bisa melakukan instal ulang smartphone, seperti dengan factory reset, semua data yang tersimpan pada memori internal dan apilkasi terinstal akan hilang atau terhapus. Hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan instal ulang adalah versi firmware yang digunakan pada smartphone, karena jika salah memilih firmware maka smartphone akan terus booting atau biasa disebut dengan bootloop dan tidak mau masuk ke menu utama smartphone.

Instal ulang ini bisa dilakukan dengan menggunakan komputer atau laptop, setiap merk smartphone memiliki cara dan aplikasi yang berbeda, setelah melakukan instal ulang pengguna juga akan merasakan smartphone seperti pertama kali membeli, hanya ada aplikasi bawaan smartphone yang terinstal.

Beberapa cara mengatasi smartphone yang lupa kunci kemanan diatas bisa pengguna pilih, disarankan untuk selalu ingat kunci keamanan yang sudah dimasukkan dan masukkan kunci yang mudah untuk diingat. Sekarang pengguna sudah bisa mengatasi lupa kunci keamanan secara mandiri, jika memilih untuk factory reset atau instal ulang maka pengguna harus bersedia data yang tersimpan di memori internal akan hilang. Oleh karena itu disarankan untuk memindahkan semua data yang tersimpan di memori internal ke memori eksternal agar data tetap aman jika terjadi lupa kunci keamanan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*