Awas, Smartphone Bisa Jadi Bumerang Yang Merugikan Jika Tak Dijaga Dengan Baik

Image result for smartphone

Selama ini smartphone memang menjadi salah satu benda yang paling berguna dalam kehidupan sehari-hari. Terutama untuk manusia modern, smartphone ini bisa dibilang menjadi kebutuhan primer yang sama pentingnya seperti makan. Sejam saja tanpa smartphone serasa lumpuh karena semua aktivitas biasanya berpusat dari gadget ini, mulai dari memesan dan membayar sesuatu, menyelesaikan urusan pekerjaan, hingga aktivitas rekreasi lewat media sosial.

Meski di satu sisi sangat berguna, di sisi lain smartphone bisa jadi malah membahayakan Anda sebagai pemilikinya jika tidak dijaga dengan baik. Anda mungkin tak pernah membayangkannya, tapi banyak sekali hal merugikan yang akan terjadi jika smartphone kesayangan jatuh ke tangan yang salah seperti berikut ini:

Foto-foto yang disimpan bisa disalahgunakan

Hayo, siapa yang hobi foto-foto sampai memori smartphone penuh? Kecanggihan kamera smartphone saat ini memang membuat pecinta fotografi makin happy. Bagaimana tidak, dengan harga yang relatif terjangkau, para pemilih smartphone sudah bisa menangkap momen dengan baik dan hasilnya tak kalah dengan kamera sejenis DSLR. Bahkan banyaknya filter di kamera smarpthone semakin memudahkan Anda untuk berkreasi sesuai dengan keinginan. Maka dari itu, tak heran kalau banyak sekali orang yang suka menyimpan fotonya di dalam smartphone. Tak sedikit juga yang mengabadikan momen-momen intim bersama pasangan melalui kamera smartphone. Tak salah sih, toh itu hak Anda. Tapi hal ini bisa sangat merugikan kalau sampai foto tersebut berada di tangan orang lain, misalnya ketika smartphone hilang atau dicuri.

Baca juga: Cara Mengatasi Smartphone yang Lupa Kunci Keamanan

Identitas pribadi akan menjadi sarana penipuan

Di dalam smartphone biasanya terdapat beberapa identitas pribadi seperti nama lengkap, alamat, bahkan hingga foto dari kartu identitas seperti KTP atau SIM. Kalau suatu saat smartphone Anda jatuh ke tangan yang salah, data-data ini bisa digunakan untuk penipuan. Bisa saja suatu saat Anda menerima telepon atau email yang menyatakan bahwa Anda memenangkan suatu undian. Sulit untuk tidak mempercayainya kalau si pengirim bisa melampirkan identitas pribadi dengan sangat detail, bukan? Supaya tak sampai tertipu di kemudian hari, pastikan Anda selalu menjaga smartphone dengan baik atau mengamankan identitas pribadi yang ada di dalamnya.

Orang-orang terdekat bisa terkenda dampaknya

Kalau Anda lalai menjaga smartphone kesayangan, bukan tidak mungkin orang-orang terdekat akan menjadi sasaran penipuan juga. Biasanya oknum tak bertanggung jawab akan menyamar sebagai Anda dan mengirim pesan kepada kontak yang ada di smartphone. Modus penipuannya sih beragam, mulai dari minta dikirimi pulsa hingga meminta kiriman uang lewat rekening dengan dalih ada kondisi darurat yang mengharuskan Anda pinjam uang. Karena mendapat pesan dari nomor yang mereka kenal, besar kemungkinannya orang-orang yang ada di kontak Anda ini akan mengabulkan permintaan si pelaku. Tak cuma rugi karena kehilangan smartphone, Anda pun jadi harus bertanggung jawab mengganti kehilangan materi orang-orang terdekat, bukan?

Kerugian besar bisa terjadi dari akun yang tidak di-log out

Coba deh cek smartphonemu, ada berapa akun yang terhubung secara otomatis? Umumnya orang memang akan menyimpan password mereka di setiap akun sehingga tak perlu log ini setiap akan menggunakannya. Hal ini memang praktis, tapi di sisi lain juga bisa merugikan saat smartphone Anda hilang. Kalau sekedar terhubung ke akun media sosial sih, paling Anda hanya akan kehilangan privasi karena identitas pribadi, foto, dan pesan jadi terbaca orang lain. Tapi bagaimana kalau yang terhubung adalah akun perbankan? Oknum tak bertanggung jawab bisa dengan bebas mengambil uang atau menggunakannya untuk membeli sesuatu secara online.

Baca juga: Cara Mudah Transfer File dari Smartphone ke Komputer

Catatan penting hilang dan harus mengulang dari awal

Kecanggihan smartphone saat ini memungkinkan Anda untuk bekerja di manapun tanpa kecuali. Mulai dari membuat desain, menggambar komik, menulis artikel, hingga melakukan berbagai aktivitas di Excel bisa dilakukan via smartphone. Tapi coba bayangkan apa yang terjadi kalau smartphone sampai hilang. Selain kesal karena rugi uang, Anda juga jadi harus mengulangi semua pekerjaan yang tersimpan di dalamnya. Hal ini memang tidak terlihat nilainya secara materi, tapi bisa jauh lebih merugikan jika seandainya apa yang tersimpan kemudian dipublikasikan tanpa izin.

Nah, tak ingin hal-hal tersebut sampai Anda alami kan? Maka dari itu, mulai saat ini pastikan untuk menjaga smartphone dengan baik. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah hal tidak menyenangkan terjadi pada smartphone seperti berikut ini:

Simpan di tempat yang aman

Jangan pernah menyimpan smpartphone di jok motor atau di tempat lain yang rawan pencurian. Mungkin sekilas terlihat aman, tapi kalau ada orang yang mengetahui kebiasaan Anda ini, bisa jadi smartphone akan mudah dicuri. Membuka jok motor dengan paksa bisa dilakukan secara mudah dengan alat tertentu. Selain itu, hindari pula meletakkan smartphone di holder motor jika memang tidak terlalu dibutuhkan. Kalau hanya untuk sekedar gegayaan atau supaya bisa memantau pesan saat berkendara, lebih baik urungkan lagi niat memakai holder semacam itu. Kecuali Anda memang berprofesi sebagai driver ojek online, baru deh holder boleh digunakan.

Jangan memakai smartphone di tempat yang terlalu ramai

Kebiasaan orang masa kini adalah menggunakan smartphone di mana pun dan kapanpun tanpa kecuali. Sayangnya ada beberapa tempat yang sangat rawan kejahatan seperti di stasiun atau terminal. Apalagi kalau Anda sendirian, sebaiknya tahan diri untuk tidak menggunakan smartphone di ke dua tempat tersebut. Kalau memang ada hal yang mendesak, lebih baik gunakan smartphone di area yang aman misalnya dekat pos penjagaan atau mungkin di dalam toilet. Intinya, jangan memancing orang untuk berniat jahat sebab sekarang banyak sekali orang yang nekat karena butuh.

Selalu gunakan pengaman pada smartphone

Selain karena hilang atau dicuri, ada pula kasus penyalahgunaan data pribadi maupun foto di smartphone oleh orang terdekat. Mereka bisa dengan mudah mengaksesnya tanpa kecurigaan si pemilik. Untuk menghindari hal ini, cobalah memasang password pada smartphone sehingga tidak sembarang orang bisa membukanya. Ada pula aplikasi yang bisa digunakan untuk memberi password pada setiap akun dan fitur sehingga makin merepotkan orang yang mau berbuat jahat. Kalau ingin lebih aman lagi, pilih smartphone yang memiliki fitur pengamanan ekstra seperti fingerprint lock. Untuk penggunaan password juga harus dipikirkan dengan baik, jangan memakai sandi yang terlalu umum seperti tanggal ulang tahun, angka secara urut, atau nama pasangan.

Harga smartphonenya mungkin tak seberapa dan bisa dibeli lagi dengan mudah. Tapi isi di dalamnya yang sangat berbahaya jika sampai jatuh ke tangan yang salah. Maka dari itu, pastikan Anda selalu menjaga smartphone sebaik mungkin dan lakukan tindakan pengamanan yang diperlukan sebelum terlambat.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*